Label

Selasa, 15 Januari 2013

Nvidia Tegra 4, Prosesor Quad Core Terbaru Performa Gahar Konsumsi Daya Tetap Minim



kelebihan tegra 4, prosesor quad core tercepat, test performa nvidia tegra 4



Tahun 2013 merupakan awal kebangkitan teknologi smartphone yang semakin pesat bahkan belum terfikirkan sebelumnya, apalagi bertepatan dengan ajang CES (Consumer Electronics Show) yang menjadi momen bagi para vendor dimana mereka berkesemoatan memamerkan teknologi andalannya ke khalayak umum. Salah satunya adalah NVIDIA yang nemperkenalkan prosesor mobile generasi terbaru mereka Tegra 4 dengan codename Wayne. NVIDIA mengklaim Tegra 4 sebagai prosesor mobile terkencang yang ada saat ini. Mari kita lihat lebih jauh spesifikasi dan juga feature unggulan prosesor ini.




Samsung dan ST-Ericsson juga punya prosesor sejenis, mereka adalah Exynos 5 Octa dan NovaThor L8580



NVIDIA Tegra 4 menganut desain SoC seperti kita pernah jumpai pada Tegra 3 yaitu 4-plus-1. Di sisi prosesor, NVIDIA Tegra 4 dilengkapi 4 buah performance core ARM Cortex-A15 dan satu buah companion core ARM Cortex-A7 (low-power core). Prosesor tersebut diklaim memiliki performa 2,6 kali lipat kencang dibandingkan prosesor milik Tegra 3. Sedangkan di sisi graphics, NVIDIA Tegra 4 dilengkapi GPU dengan jumlah CUDA Cores sebanyak 72 buah dengan kemampuan 6 kali lipat GPU pada Tegra 3. Tidak hanya itu, NVIDIA Tegra 4 juga dilengkapi engine display dan video terbaru sehingga mampu menampilkan konten video pada resolusi Ultra HD.



NVIDIA Tegra 4 kini juga dilengkapi feature terbaru bernama Computational Photography Architecture. Feature ini memungkinkan CPU, GPU dan image-processor kamera bekerjasama dalam mengolah gambar maupun video. Kombinasi ini memungkinkan pemrosesan gambar dan video dapat berlangsung lebih cepat. Salah satu contoh penggunaan feature ini seperti saat mengaktifkan efek HDR (High Dynamic Range) saat melakukan pengambilan gambar. Dengan menggunakan feature tersebut, pemrosesan gambar dengan efek tersebut dapat berlangsung 10 kali lipat lebih cepat.



kelebihan tegra 4, prosesor quad core tercepat, test performa nvidia tegra 4



Selain Tegra 4, NVIDIA juga memperkenalkan modem 4G LTE dalam bentuk chipset Icera i500. Modem 4G LTE ini merupakan unit terpisah dari SoC NVIDIA Tegra 4. Apakah hal ini menandakan produsen yang menggunakan NVIDIA Tegra 4 dapat menggunakan modem 4G LTE dari merek yang berbeda?



kelebihan tegra 4, prosesor quad core tercepat, test performa nvidia tegra 4



Meskipun memiliki spesifikasi lebih tinggi, NVIDIA Tegra 4 diklaim memiliki konsumsi daya lebih rendah hingga sekitar 45% dibandingkan Tegra 3. Perangkat NVIDIA Tegra 4 juga diklaim mampu menjalankan konten video HD selama 14 jam non-stop.



kelebihan tegra 4, prosesor quad core tercepat, test performa nvidia tegra 4



Kita memang masih akan menunggu kehadiran smartphone dan juga tablet yang dipersenjatai NVIDIA Tegra 4. Akan tetapi salah satu perangkat NVIDIA Tegra 4 yang telah beroperasi adalah handled-gaming milik NVIDIA, Project Shield. Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda memiliki rencana untuk memiliki smartphone atau tablet dengan prosesor NVIDIA Tegra 4?



via Jagat review

0 komentar

Posting Komentar