Label

Minggu, 20 Januari 2013

Penanganan Darurat Saat Ponsel Tercebur Air, Lakukan 8 Hal Berikut


handphone kecebur kecemplung air, tips ponsel tersebur air laut, ponsel kemasukan air, hape tersiram air, hape tangguh anti air, ponsel mati kena air

Ponsel/Handphone merupakan perangkat elektronik yang sangat fital fungsinya dan kerap kali mengalami masalah karena kelalaian kita sendiri. Beberapa kejadian yang sering terjadi pada perangkat handphone adalah tercebur ke dalam bak mandi, kloset, tempat cuci tangan, terkena hujan, tersiram minuman, dan lain- lain.



Namun anda tidak perlu panik dan yang anda butuhkan adalah kesigapan dan kecepatan bertindak. Berikut ini tips jika handphone anda terkena air:




  1. Segera buka kasing belakang dan cabut baterai handphone anda

  2. Lepas semua bagian yang mungkin seperti baterai, simcard, memory card, kasing belakang, kasing depan,atau yang lainnya.

  3. Keringkan dengan menggunakan lap kering yang menyerap air, bisa juga dengan cahaya yang lumayan hangat (lampu), dan jika ada hair dryer maka akan lebih bagus tapi ingat jangan terlalu dekat dengan handphone.

  4. Jika handphone tercelup pada cairan seperti detergen, air kopi, susu cucilah dengan air putih. Tidak usah takut karena dalam kondisi mati air tidak berbahaya bagi handphone.

  5. Hal ini mengurangi resiko berkaratnya bagian-bagian dalam handphone.

  6. Keringkan dengan waktu yang lumayan lama (1-2 hari), jadi dalam hal ini memang dibutuhkan kesabaran, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

  7. Atau anda bisa taruh handphone anda dalam kotak kedap udara dan isi dengan butiran penyerap uap air (desiccant, isinya butiran bulat mirip pupuk). Jika tidak punya bisa diganti dengan beras. Diamkan selama 2 hari. 7. Setelah proses pengeringan dirasa cukup, cobalah pasang dan hidupkanlah Ponsel tersebut. Jika Ponsel masih mengalami error pada beberapa fungsinya atau terasa hangat/panas, segera ulangi proses seperti diatas.

  8. Tips bisa dilakukan untuk alat elektronik sejenis semisal PDA, laptop, dll.






Demikian tips sederhana mengatasi posnel kemasukan air yang bisa dicoba langsung tanpa biaya sepeserpun, jika ponsel anda tetap bermasalah itu berarti butuh penanganan lebih. TIDAK disarankan mengotak-atik sendiri, alangkah baiknya bawa ke tangan-tangan yang lebih ahli dalam bidang ini (teknisi).



Semoga bermanfaat!

0 komentar

Posting Komentar