Label

Selasa, 19 Februari 2013

Saingi Android, BlackBerry Siapkan Ponsel BB10 Murah?


bb10 murah, tipe blackberry 10 murah terjangkau



Ketika BlackBerry 10 diluncurkan, bersamaan dengan itu mereka memperkenalkan dua ponsel premium BB Z10 dan BB Q10 yang keduanya bakal dibanderol dnegan harga mahal sekitar Rp 7 Jutaan. Nah, sekarang pertanyaannya, kapan BlackBerry akan meluncurkan perangkat BlackBerry 10 murah?



"Kami (BlackBerry 10) tak akan memasuki segmen entry-level untuk beberapa lama, yang jelas bukan tahun ini," ungkap Managing Director BlackBerry Eropa Stephen Bates, saat diwawancara beberapa waktu yang lalu.



CEO BlackBerry Thorsten Heins pun mengeluarkan sebuah pernyataan yang seakan mengamini pernyataan koleganya tersebut.



Heins mengatakan, ia ingin melihat "portofolio produk BlackBerry 10", selain BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10 dengan keyboard QWERTY fisik. Termasuk di dalamnya "perangkat mid-tier" dan juga "perangkat entry-level" di beberapa pasar.



Namun, untuk menghadirkan ponsel BlackBerry 10 dengan harga yang murah dalam waktu dekat masih belum memungkinkan.



"Jika Anda memikirkan tentang resolusi layar, prosesor, dan memori yang Anda butuhkan, dan kemudian jalankan matematika (dihitung), kita mungkin tidak akan sampai ke sana dalam enam bulan ke depan," ujar pria berusia 55 tahun kelahiran Jerman ini.



Nah, apa akal BlackBerry agar perangkat BlackBerry 10 dengan harga yang terjangkau dapat segera tersedia?



"Kami menuju penjualan lisensi (untuk perangkat berbiaya murah), " kata Heins pada kesempatan yang sama. "Ini pertanyaan dari model bisnis dan waktu untuk memicu sebuah keputusan, jika dan kapan Anda harus melakukan hal ini".



Jadi, untuk menghadirkan ponsel BlackBerry 10 dengan harga murah, BlackBerry secara tak langsung mempersilahkan produsen lain untuk memproduksi perangkat hardware-nya dan membeli lisensi perangkat lunaknya dari BlackBerry.



Kabar produsen ponsel BlackBerry ini akan membuka lisensi sistem operasi BlackBerry 10 untuk dipakai di produsen lain sebenarnya sudah santer terdengar. Sebelum peluncuran BlackBerry 10 pada 30 Januari lalu, Heins pun sempat menyatakan kemungkinan rencana penjualan lisensi ini.



Jadi bersiaplah melihat ponsel-ponsel murah dengan merek Acer, Asus, HTC, Huawei, atau Lenovo yang menggunakan sistem operasi BlackBerry 10 dan tentu saja mempunyai fitur BlackBerry Messenger.



Untuk BlackBerry, ini merupakan kali pertamanya mereka melepaskan lisensi sistem operasinya. Dapat menjadi sesuatu positif, karena memperluas penggunaan BlackBerry 10 atau menjadi negatif, karena tentu akan mengurangi porsi penjualan perangkat BlackBerry 10 buatannya sendiri.



Strategi yang dilakukan BlackBerry ini mirip yang dilakukan Google dengan Android-nya dan sudah terbukti sukses. Apakah BlackBerry akan sesukses Android?




via kompas.com


0 komentar

Posting Komentar